Danau Toba Akan Jadi Ajang Boat Race Internasional Sekelas MotoGP Mandalika

Jetsky beraksi di Danau Toba.(Foto danau-toba.com/Harianto)
banner 468x60

Jetsky beraksi di Danau Toba.(Foto danau-toba.com/Harianto)

PARAPAT | danau-toba.com

Keseriusan Pemerintah Indonesia dalam masa kepemimpinan Presiden RI Jokowi dalam pengembangan pariwisata di Indonesia telah membuahkan hasil. Ketika Mandalika telah menjadi ajang perhelatan MotoGP kali ini Danau Toba akan menjadi sasaran untuk dijadikan sebagai ajang “Boat Race” berskala Internasional.

Setelah sukses perhelatan MotoGP di Mandalika, kini Pemerintah Indonesia memiliki gagasan untuk membawa F1 H20 atau yang lebih dikenal F1 Boat Race.

Ada beberapa event internasional lainnya yang digelar di sejumlah destinasi super prioritas seperti Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Rencananya, F1 Boat Race dapat mulai digelar pada tahun 2023. Sandiaga Uno mengatakan jika Danau Toba memiliki lanskap perbukitan dan danau yang memukau dan tempat ini berpotensi untuk menjadi Avenue penyelenggaraan Event internasional tematik termasuk perhelatan olahraga.

Tujuannya agar Danau Toba dikenal dunia. Event-event bertaraf internasional berpotensi mendongkrak pariwisata di Indonesia, terlebih pasca kebangkitan pariwisata Indonesia usai pandemi Covid-19. Salah satunya diadakan di Danau Toba.

Dengan adanya event olahraga internasional tematik di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, agar bisa dikenal lagi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia.

Danau Toba termasuk satu dari sejumlah Destinasi Wisata Super Prioritas atau DPSP. Di sana, terdapat sembilan fasilitas sarana dan prasarana pariwisata yang telah rampung dibangun. Fasilitas itu adalah Pelabuhan Ajibata, Pelabuhan Ambarita, Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Simanindo, Instalasi Pengelolaan Air dan Limbah Parapat, Pantai Bebas Parapat, Ruang Terbuka Parapat, Kampung Ulos Hutaraja, dan Huta Siallagan.

Dengan keindahan alam yang disajikan Danau Toba, tentu saja akan menarik minat wisatawan domestik maupun internasional. Apalagi saat ini Indonesia sudah mulai bebas karantina, sehingga memudahkan wisatawan dari luar negeri untuk berlibur di Indonesia.

M Fikri Damanik Kadis Pariwisata Seni Buda Kabupaten Simalungun, Kepada Wartawan , Rabu (11/5/2022) mengatakan menyambut baik opini yang direlis oleh Bapak Menparekraf Sandiaga S Uno baru baru ini.

Pemerintah Kabupaten Simalungun sedang mempersipakan  amenitas di Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas dan RTP Parapat sebagai avenue untuk menyambut Even Internasional  ini pada tahun 2023 mendatang.

Beberapa spot bibir pantai di Parapat, Tigaras  saat ini sedang ditata dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal, dengan harapan even Internasional ini akan membawa Dampak Positif untuk peningkatan Sosial Ekonomi masyarakat di Parapat Danau Tob, ujarnya.(Harianto)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.