Bupati Samosir Rapidin Simbolon Paparkan Visi Misi di PARNA Indonesia

Bagikan:

DANAU-TOBA, Jakarta – Bakal Calon Bupati Samosir 2020-2025 yang juga inkumben Drs. Rapidin Simbolon, MM sampaikan visi dan misi pembangunan Kabupaten Samosir pada rapat PARNA (Pomparan Raja Naimbaton), yang dihadiri Ketua Umum PARNA Indonesia Letjen (Purn) Cornel Simbolon,MSc dan Sekretaris Jendral Dr. Martuama Saragih serta perwakilan marga PARNA dan juga ditonton melalui Zoom Meeting, Sabtu (19/09/2020) di Sekretariat PARNA Indonesia Jl. Senen Raya, Jakarta.

Dalam paparannya, Rapidin menjelaskan visi Samosir yakni terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pada pariwisata dan pertanian.

Menurut Rapidin, visi pembangunan yang akan diusungnya, yaitu akan menciptakan perekonomian Kabupaten Samosir pada 5 tahun kedepan dalam kondisi mantap serta kokoh dan kuat dalam menghadapi fluktuasi situasi perekonomian nasional yang bisa berdampak terhadap perekonomian daerah.

“Untuk menyiasatinya, kami sudah menyiapkan strategi salah satunya dengan cara menggenjot potensi dan produk unggulan lokal agar terus berkembang maju dan menjadi pondasi perekonomian masyarakat Samosir. Selain itu, kami pun akan menggenjot komoditi pangan agar dapat memenuhi kebutuhan daerah sendiri serta diupayakan dapat ikut memberi sumbangsih dalam memenuhi kebutuhan skala regional dan nasional,” paparnya.

Adapun misi pembangunan yang akan diusungnya, lanjut Rapidin, diantaranya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang berwibawa serta berorientasi pada pelayanan publik. Yang kedua, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Yang ketiga mengembangkan perekonomian berbasis pariwisata dan pertanian secara berkelanjutan. Keempat, meningkatkan akses dan kualitas infrastruktur dasar berwawasan lingkungan.

“Kita berupaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, meningkatkan ketersediaan infrastruktur yang mendukung pengembangan wilayah, mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan, potensi unggulan lokal dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kualitas dan daya dukungan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” kata Rapidin Simbolon.

Selain itu, kata Rapidin, juga akan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien serta memperkuat desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat dan desa.

Sementara untuk sektor pembangunan, Rapidin mengatakan terdapat poin-poin yang akan menjadi skala prioritas. Pertama, meningkatkan daya saing sumber daya manusia, terwujudnya infrastruktur daerah yang mendukung perkembangan wilayah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi inklusif dan berdaya saing, terpelihara kelestarian dan fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai penyangga kehidupan, terwujudnya peningkatkan kualitas pelayanan publik dan terakhir mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Rapidin dalam kesempatan itu pun mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Samosir telah menyukseskan hajat demokrasi Pemilu dan Pilpres yang sudah kita lalu bersama dengan suasana tertib, aman dan lancar. Maka dari itu kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi. Semoga situasi kondusif yang selalu tercipta di Samosir ini ke depan dan bisa terus dijaga guna mendukung terealisasinya visi dan misi pembangunan Kabupaten Samosir.

Pada acara adanya penandatanganan nota MOU antara Yayasan PARNA dengan Kabupaten Samosir oleh Bupati Rapidin Simbolon dan Ketua Yayasan Kol. (Purn) JFR Simbolon dalam acara Pemaparan Visi & Misi Calon Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon 2020-2025. (r1/Dik3)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *