Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Wisata Olahraga Bisa Datangkan Wisatawan di Tengah Pandemi Covid-19

Bagikan:

Jakarta|DTC

POTENSI wisata olahraga sangat besar di Indonesia. Bahkan nantinya sport event harus semakin diperbanyak untuk dapat menarik kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan potensi wisata olahraga. Penandatanganan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, serta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengatakan, situasi pandemi ini harus dihadapi dengan strategis yang komprehensif, terarah dan kolaboratif.

“Sebagai kementerian yang membawahi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf tidak bisa berjalan sendiri dalam mengembangkan sektor ini. Dibutuhkan dukungan berbagai pihak seperti Kementerian dan Lembaga, Asosiasi dan seluruh masyarakat,” ucapnya.

Wamen Angela berharap, kolaborasi ini menjadi momentum untuk lebih menyeleraskan pengambilan kebijakan. Tujuannya demi menghasilkan program-program yang memberikan dampak positif untuk masyarakat

“Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini kolaborasi menjadi sangat penting,” kata Angela.

Wamen Angela menambahkan, potensi wisata olahraga di Indonesia sangat besar. Bahkan diyakini bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Potensi wisata olahraga di Indonesia, menurut Angela, mempunyai dampak berganda untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah yang inklusif. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa penyelenggaraan event olahraga yang turut berdampak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif seperti Asian Games, Jakarta Marathon, Tour de Bintan, Tour de Ijen, dan Tour de Singkarak.

“Wisata olahraga selain dapat memberikan manfaat positif dari sisi ekonomi yang inklusif juga dapat meningkatkan pola hidup sehat di masyarakat.

Oleh karena itu, kementerian dan lembaga terkait serta seluruh pemangku kepentingan, diharapkan dapat saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam mengembangkan wisata olahraga

“Menciptakan sport event tidak hanya dalam rangka menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke destinasi wisata di Indonesia, tetapi juga untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya(Okezone)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *